Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Dengan
menghadapi ide dasar Edward B. Fisika, Nanang Fatah menggambarkan konsep
Manajemen Berbasis Sekolah sebagai berikut:
Manajemen
Berbasis Sekolah (MBS) secara konsepsional akan membawa dampak terhadap
peningkatan kinerja sekolah dalam hal mutu, efisiensi manajemen keuangan,
pemerataan lewat perubahan kebijakan desentralisasi di berbagai aspek seperti:
politik, edukatif, administratif dan anggaran pendidikan. MBS selain akan
meningkatkan kualitas belajar mengajar dan efisiensi operasional pendidikan,
juga tujuan politik terutama iklim demokratisasi di sekolah. Nanang Fattah
mengungkapkan keberhasilan manajemen berbasis sekolah (MBS) di Spanyol yaitu
menciptakan kualitas manajemen dan pendidikan, sebagai strategi untuk
memperbaiki kinerja sekolah yang mampu meningkatkan kemauan dan kemampuan
kepala sekolah untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Hal ini dipandang
sebagai demokrasi di tingkat lokal sekolah.