Metode Pola Pemusatan Diskusi di Sekolah

Metode Pola Pemusatan Diskusi di Sekolah

Sedangkan bila ditinjau dari segi pola pemusatan orang yang berperan dalam diskusi di sekolah, metode ini terbagi dua yaitu :
Metode Pola Pemusatan Diskusi di Sekolah

  • Pola diskusi teacher centrallity (terpusat pada guru)

Peranan guru disini adalah :
                                               

  1. Indikator : Peserta yang menampilkan agenda masalah yang akan dijadikan topik diskusi.
  2. Direktur : Peserta yang mengarahkan pembicaraan pada agenda masalah yang akan dibicarakan.
  3. Moderator : peserta yang diberi wewenang yang mengatur laju pembicaraan para partisipan (siswa peserta)
  4. Evaluator: penilai partisipasi dan kemajuan para partisipan baik sebagai individu dan kelompok.


  • Pola diskusi student cenrtrality (terpusat pada siswa)

Peran siswa partisipan adalah sebagai berikut :


  1. Sebagai moderator : yang layak memimpin diskusi
  2. Kontributor : pemberi kontribusi pertanyaan, sanggahan, saran dan sebagainya.
  3. Encourager : pemberi dorongan dan kesempatan kepada sesama partisipan untuk turut aktif memberi kontribusi 
  4. Evaluator : penilai jalanya pembahasan dan keputusan/kesimpulan/jawaban yang disodorkan oleh guru sebagai moderator.

Masing-masing mempunyai ciri khas sendiri, terapi tidak mengurangi kontribusi aktif peserta.

Semoga artike ini selalu memberikan manfaat untuk anda, terimakasih telah membaca Metode Pola Pemusatan Diskusi di Sekolah.