Contoh ABSTRAK yang Benar Pada Skirpsi Pai

Contoh ABSTRAK  yang Benar Pada Skirpsi


Judul : Pengaruh Pelaksanaan Moving Class terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SDIT AR RISALAH Tahun Ajaran 2011/2012

Penulis : E zy Ridho Nim : 073311032

          Skripsi ini membahas pengaruh pelaksanaan moving class terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII di SDIT AR RISALAH Semarang tahun ajaran 2011/2012. Kajiannya dilatar belakangi oleh begitu pesatnya kemajuan sekolah di era modern ini, setiap sekolah selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam kelas. Kebosanan dan kejenuhan adalah salah satu penghambat dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi tidak antusias dalam belajar, suasana menjadi kaku dan tidak monoton.

Contoh ABSTRAK  yang Benar Pada Skirpsi Pai
          Penerapan moving class diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa di sekolah. Dengan adanya moving class ini, diharapkan siswa akan merubah cara belajar dari belajar pasif menjadi belajar aktif.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pelaksanaan moving class terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII di SDIT AR RISALAH Semarang tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan  kuesioner atau angket untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan moving class (X) dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar siswa (Y).

           Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena mengambil seluruh siswa kelas VIII SDIT AR RISALAH Semarang dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 90 responden.  Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor dan dua variabel yang ada yaitu variabel X (pelaksanaan moving class) dan variabel Y (peningkatan prestasi belajar siswa). Kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Untuk mengetahui prestasi belajar diambil dari nilai ujian tengah semester kelas VIII. Setelah melakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebarkan angket untuk memperoleh data X dan Y.

         Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara pelaksanaan moving class (X) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa (Y). Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi xy r = 0,2949 >  tabelr 0,207 pada taraf signifikan 5% ini berarti signifikan. Sementara itu, perhitungan 387 ,8hitungF > 96,3tabelF pada taraf signifikan 5% maka dalam hal ini dapat berarti signifikan. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di SDIT AR RISALAH Semarang, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.