Pengertian Hasil/Prestasi Belajar
Prestasi
adalah hasil yang dicapai, sedangkan belajar adalah suatu proses yang kompleks
yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup yang ditandai dengan
adanya perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut
menyangkut perubahan yang bersifat kognitif, afektif dan psikomotorik.
Jadi
yang dimaksud prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai oleh siswa
setelah melakukan serangkaian aktivitas belajar yang berupa perubahan tingkah
laku baik berupa kognitif, psikomotorik maupun afektif yang bisa dilihat dari
prestasi belajar di sekolah (Barlow, 1985 dalam Syah, 1995).
Dari
keterangan di atas seseorang dapat dikatakan sudah belajar atau mencapai hasil
belajar apabila sudah mengalami perubahan tingkah laku baik secara kognitif,
psikomotorik dan afektif. Bahkan untuk bisa disebut sebagai hasil belajar
seseorang harus mempunyai syarat-syarat tertentu sebagaimana disebutkan oleh
Cronbach Yaotu, adanya pencapaian tujuan tertentu dalam belajar merupakan buah
dari proses kegiatan yang disadari, sebagai hasil latihan atau uji coba yang
disengaja, merupakan tindak tanduk yang berfungsi aktif dalam kurun waktu
tertentu dan berfungsi positif bagi pengembangan tindak tanduk lainnya (Dimyati
dan Mudjiono, 1999).
Namun
demikian seseorang yang sedang belajar kadang-kadang mengalami kesulitan
belajar. Ini disebabkan karena terbatasnya kemampuan yang dimilikinya.
Kesulitan belajar itulah yang dapat menyebabkan suatu kegagalan.
Dari
uraian di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah segala wujud
hasil belajar yang ditandai dengan adanya perubahan prilaku dalam diri, baik
secara kognitif, psikomotorik dan afektif.