Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah
(MBS)
MBS memiliki karakteristik yang
perlu dipahami oleh sekolah yang akan menerapkan agar pelaksanaannya dapat
berhasil baik. Agar jelas uraian tentang karakteristik tersebut, maka digunakan pendekatan
sistem input-proses-output dan diakhiri output, mengingat output memiliki tingkat
kepentingan tertinggi, proses satu tingkat lebih rendah dari output
sedang input dua tingkat lebih rendah.
1)
Output yang Diharapkan
Output
adalah kinerja sekolah. Kinerja sekolah adalah prestasi sekolah yang dihasilkan
oleh proses sekolah. Kinerja sekolah diukur dari kualitasnya, produktifitasnya,
efektifitasnya, inovasinya, kualitas kehidupan kerjanya, dan moral kerjanya.
Pada umumnya output dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu: output
pencapaian akademik dan output pencapaian non akademik. Output pencapaian
akademik misalnya meningkatkan NEM dari rata-rata tujuh menjadi delapan untuk
tahun depan. Output non akademik misalnya meningkatnya peringkat olah raga dari
peringkat enam menjadi satu di kabupatennya pada dua tahun mendatang.
2)
Proses
Sekolah yang efektif pada umumnya memiliki karakteristik proses sebagai
berikut:
a) Proses belajar mengajar yang efektifitasnya
tinggi
b) Kepemimpinan sekolah yang kuat
c) Pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif
d) Sekolah memiliki budaya mutu
e) Sekolah memiliki team work yang kompak, cerdas, dan dinamis
f) Sekolah memiliki kemandirian atau kewenangan
g) Partisipasi warga sekolah dan masyarakat
h) Sekolah memiliki keterbukaan (transparansi) manajemen
i)
Sekolah
memiliki kemauan untuk berubah (psikologis dan fisik)
j)
Sekolah
melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan
k) Sekolah responsif dan antisipatif terhadap
kebutuhan
l)
Sekolah
memiliki akuntabilitas
m) Para orang tua peserta didik dan masyarakat dapat
memberikan penilaian
n) Sekolah memiliki sustainabilitas
3) Input pendidikan
a) Memiliki Kebijakan Mutu
b)
Sumber daya yang tersedia dan siap
c) Memiliki harapan prestasi yang tinggi
d) Fokus pada pelanggan (khususnya peserta didik)
e) Memiliki Input manajemen