Program Pendidikan Taman Pendidikan Al Qur’an

Program Pendidikan Taman Pendidikan Al Qur’an
Kurikulum yang lazimnya disebut GBPP adalah program pengajaran secara garis besar yang memuat bahan pengajaran yang harus diikuti oleh santri dalam jangka waktu tertentu, dengan mengikuti metode, sarana serta sumber untuk mencapai tujuan tertentu.
GBPP TPQ terdiri dari 2 paket, yaitu :
1.      Kurikulum paket A
(Paket Iqro’ dan materi hafalan)
2.      Kurikulum paket B
(Paket tadarus Al Qur’an)
Kedua paket tersebut dilaksanakan, paket A dan paket B ditempuh dalam waktu masing-masing selama 5-8 bulan.
                                             FORMAT GBPP TPQ
Tujuan Pengajaran
TIU
Bahan Pengajaran
Program
Metode
Sasaran
Evaluasi
PB Uraian
Bulanan
Mingguan
Menyiaplan bekal bagi tercapainya generasi sholeh dan sholehah, bertaqwa, berbakti pada orang tua, agama, nusa dan bangsa
- Anak dapt membaca Al Qur’an dengan baik dan lancar serta benar menurut ilmu tajwid
- Hafal do’a sehari-hari
- Hafal doa aholat dll.

Materi pokok : Iqro’ jilid I-VI
Materi penunjang :
- Hafalan do’a-do’a shalat
- 12 do’a sehari-hari
- 6 ayat pilihan
1 tahun
2 semester
3 hari
(tiga kali pertemuan)
Klasikal atau individu / private
Buku Iqro’ atau alat peraga
Mengulangi materi yang telah diajarkan

Jumlah komponen yang tertera dalam format kurikuler di atas merupakan suatu sistem, artinya satu kesatuan yang terdiri dari beberapa unsur/komponen yang satu sama lainnya saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu, terutama bila sudah diterapkan dalam lapangan.
Kurikulum TPQ menyusun program kerja yang terbentuk dalam beberapa bagian yaitu :
1)      Program kerja bulanan (paket bulanan) serta evaluasi proses belajar mengajar di TPQ
2)      Program kerja mingguan TPQ
3)      Program kerja harian
(Idris, 1991:30)
Ketiga program tersebut dimaksudkan sebagai :
1)      Keterangan mengenai sub pokok bahasan agar sesuai dengan tujuan (GBPP) dengan dikembangkan lebih terperinci
2)      Pengaruh TIU kepada tujuan instruksi khusus

3)      Tolok ukur mengetahui faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat