Alat-Alat yang Berupa Langkah-Langkah yang Diambil untuk Kelancaran Proses Belajar Mengajar

 Alat-Alat yang Berupa Langkah-Langkah yang Diambil untuk Kelancaran Proses Belajar Mengajar Al Qur'an Hadits

Mengenai alat-alat dapat dibagi menjadi dua yaitu:
1)      Alat pendidikan preventiv yaitu alat pendidikan yang bersifat pencegahan yang bertujuan untuk menjaga hal-hal yang menghambat atau menggangu kelancaran proses pendidikan dapat dihindarkan. Sedangkan alat-alat yang termasuk alat-alat preventif adalah :
a)      Tata tertib yaitu deretan peraturan yang harus ditaati dalam situasi atau dalam tata kehidupan tertentu.
b)      Anjuran dan perintah, adalah saran atau ajakan untuk melakukan sesuatu yang berguna.
c)      Larangan, adalah suatu keharusan untuk tidak dilakukan.
d)     Paksaan adalah suatu perintah dengan kekerasan terhadap anak untuk melakukan sesuatu.
e)      Disiplin adalah adanya kesediaan untuk mematuhi peraturan dan larangan-larangannya.
2)      Alat pendidikan represif, alat pendidikan yang bersifat kuratif atau korektif yang bertujuan untuk menyadarkan anak unuk kembali pada hal-hal yang benar, baik dan tertib. Alat represif itu digunakan bila terjadi sesuatu yang dianggap bertentangan dengan peraturan-peraturan. Adapun yang termasuk alat pendidikan represif itu antara lain :
a)      Pemberitahuan, yakni pemberitahuan pada anak didik yang telah melakukan sesuatu yang dapat mengganggu atau menghambat jalannya pendidikan.
b)      Teguran, ada sesuatu peraturan kemudian dilanggar oleh anak padahal dia telah maklum, maka teguran sebagai jalan awal.
c)      Peringatan, diberikan pada anak yang telah beberapa kali melakukan pelanggaran dan telah diberikan teguran pula atas pelanggarannya.
d)     Hukuman, tindakan paling akhir bila teguran dan peringatan belum mampu mencegah anak melakukan pelangaran-pelanggaran.
e)      Ganjaran, bila keempat alternatif di atas merupakan alat pendidikan represif yang kurang menyenangkan, maka ganjaran adalah sebagai alat pendidikan represif yang menyenangkan.