Fungsi Supervisi Pendidikan

Fungsi Supervisi Pendidikan
            Ada bermacam-macam tanggapan tentang fungsi supervisi sesuai dengan definisi yang telah dikemukakan, namun ada suatu general agreement bahwa peranan utama dari supervisi adalah ditujukan pada perbaikan pengajaran.

Faneth Jane berpendapat bahwa supervisi akan dapat memberi bantuan terhadap program pendidikan melalui bermacam-macam cara sehingga kualitas kehidupan akan dapat diperbaiki juga.13
            Fungsi supervisi menurut Sweringen ada delapan yaitu:
a.       Mengkoordinir semua usaha sekolah.
b.      Melengkapi kepemimpinan sekolah.
c.       Memperluas pengalaman guru-guru.
d.      Menstimulir usaha-usaha yang kreatif.
e.       Memberikan fasilitas dan penilaian yang terus menerus.
f.       Menganalisa situasi belajar mengajar.
g.      Memberikan pengetahuan dan skill kepada setiap anggota staf.
Mengintegrasikan tujuan pendidikan dan membantu meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru.


13 Piet A. Sahertian dan Frans Mataheru, 1979. h.25