Pengertian dari Respons

Maksud dan Pengertian Respons

Respons adalah sikap atau perilaku seseorang dalam proses komunikasi ketika menerima suatu pesan yang ditujukan kepadanya. Respons juga berarti umpan balik (feed back) yang memiliki peranan atau pengaruh yang besar dalam menentukan baik atau tidaknya komunikasi. Umpan balik memainkan peranan yang sangat penting dalam komunikasi, sebab ia menentukan berlanjutnya komunikasi atau berhentinya komunikasi yang dilancarkan oleh komunikator. Oleh sebab itu, umpan balik dapat bersifat positif, dapat pula bersifat negatif. Umpan balik positif adalah tanggapan atau respons atau reaksi komunikan yang menyenangkan komunikator, sehingga komunikasi berjalan lancar. Sebaliknya umpan balik negatif adalah tanggapan komunikan yang tidak menyenangkan komunikatornya, sehingga komunikator tidak mau melanjutkan komunikasinya.
1 Kata respons dan respnsif dalam kamus istilah psikologi hampir digunakan bersamaan ketika dihubungkan dengan kata rangsangan (stimulus).
Pengertian dari Respons
Kata responsive mempunyai arti:
1) Penentuan suatu organisme yang mengeluarkan reaksi-reaksi untuk merangsang,
2) Penentuan seseorang yang menjawab atau berreaksi yang tepat pada pertanyaan dalam diskusi.

Dari sini secara sederhana dapat dikatakan bahwa respons merupakan suatu reaksi
seseorang terhadap munculnya suatu rangsangan baik dari dalam maupun dari luar, baik secara langsung ditujukan kapadanya atau tidak.