Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepemimpinan Orang Tua


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepemimpinan Orang Tua

                  Orang tua dalam lingkungan keluarga adalah sebagai pendidik dan juga sebagai pemimpin. Tentu saja dalam proses kepemimpinannya untuk memcapai keberhasilan, cara atau system yang digunakan dalam mendidik atau memimpin antara orang tua yang satu dengan yang lain tidak sama, halini disebabkan karena beberapa factor diantaranya :


a. Tingkat Pendidikan atau Pengetahuan
                                    Menurut Drs. M.ngalim Poerianto MP. Yang dimaksud tingkat pendidikan atau keahlian atau pengetahuan di siniadalah :
"Latar belakang pendidikan atau izajah yang dimilikinya, sesuai tidaknya latar belakang pendidikan ini dengan tugas-tugas kepemimpinan yang menjadi tanggung jawabnya". [1]
                       
Dengan demikian dapat dimengerti bahwa latar belakang atau tingkat pendidikan orang tua akan berpengaruh terhadap kepemimpinanya. Bila orang tua kurang berpengalaman dalam ilmu pengetahuan, ini akan lain cara memimpinnya bila dibandingkan orang tua yang sudah berpengalaman atau mempunyai ilmu pengetahuan yang cukup atau ilmu pendidikan yang tinggi pada umumnya banyak tahu terhadap pekembangan dan pertumbuhan jiwa anak, sehingga mengerti akan apa yang menjadi kebutuhan anak didiknya dan mengerti bagaimana mendidik atau memimpin yang baik.


b. Tingkat Pekerjaan atau Ekonomi
Kondisi social orang tua juga mempengaruhi lancar tidaknya kepemimpinanya. Drs. Handiyat Soetopo dan Drs. Wasty Soesanto menerangkan :
"Faktor social ekonomi pemimpin pendidikan juga akan mewarnai pola kepemimpinanya".
                       

Bertitik tolak dari pendapt diatas, maka dapt diambil pengertian bahwa orang tua yang tingkat pekerjaan atau ekonominya tinggi ataupun rendah dapat mempengaruhi pola kepemimpinannya. Suatu contoh yang dapat dijadikan bukti bahwa orang yang ekonominya rendah, disibukkan oleh pekerjaan yang kadang-kadang hasilnya masih belum dapat mencukupi kebutuhan anak-anaknya, sehingga dengan hal ini akan menimbulkan efek terhadap cara kepemimpinannya terhadap anak-anaknya.