Macam Macam Metode Teknik Pengumpulan Data untuk Skripsi
Metode pengumpulan data adalah suatu metode yang dugunakan untuk mengumpulkan data dan informasi dari responden yang dijadikan sasaran penelitian. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dari beberapa sumber. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Metode Observasi
Observasi adalah pengamatan dan pencatatan suatu objek dengan sistematika fenomina yang diselidiki.7
Metode observasi ini digunakan untuk memperoleh data tentang kondisi belajar mengajar dalam pembelajaran terjemahan Al-Qur'an dengan metode lafzhiyah di Madrasah Diniyah At-Thâlibîn Ellak Daya Lenteng Sumenep.
Harus disadari bahwa teknik observasi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan:
a. Kelebihan Metode Observasi :
1) Merupakan alat yang langsung untuk menyelidiki bermacam-macam gejala;
2) Untuk observer, teknik observasi lebih sedikit tuntutannya;
3) Memungkinkan pencatatan yang serempak dengan terjadinya suatu gejala;
4) Tidak tergantung kepada self- report;
5) Banyak kejadian-kejadian penting tidak dapat diperoleh dengan pengamatan langsung.
b. Kelemahan Metode Observasi:
1) Banyak kejadian-kejadian yang tidak dicapai dengan observasi langsung/observasi langsung tidak sesuai untuk penelitian kehidupan pribadi seseorang yang sangat rahasia;
2) Jika observer mengetahui dirinya diselidiki mungkin dengan sengaja menimbulkan kesan yang menyenangkan atau sebaliknya;
3) Timbulnya kejadian tidak selalu dapat diramalkan sehingga observer dapat hadir untuk mengobservasi kejadian itu;
4) Tugas observasi dapat terganggu pada sewaktu-waktu;
5) Terbatasi oleh lamanya waktu kejadian.
Untuk mengatasi kelemahan metode observasi dan agar pengamat dapat melakukan proses pengamatan secara efektif, diperlukan panduan yang mengarahkan kegiatan pengamatan yang berfungsi sebagai arahan dan panduan dalam mengamati objek pengamatannya, bisa dengan cara mencatat kejadian-kejadian pada waktu pengamatan.
2. Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapuh, leggers, agenda dan sebagainya.8
Adapun metode ini penulis gunakan untuk memperoleh data dan jumlah guru/karyawan, data sarana dan prasarana madrasah, struktur organisasi dan daftar nama responden.
Ada beberapa keuntungan dan kelemahan metode dokumentasi sebagai sumber data, yaitu:
a. Keuntungan Metode Dokumentasi:
1) Untuk subjek manusia yang sulit dihubungi dengan dokumen akan mempermudah;
2) Statis, tidak akan berpengaruh faktor luar;
3) Dalam hal peristiwa masa lalu dokumen akan sangat membantu dalam pengumpulan data;
4) Dokumen peristiwa penting akan tersimpan dan tidak banyak makan waktu dan biaya.
b. Kelemahan Metode Dokumentasi:
1) Format tidak kaku;
2) Seringkali data kurang lengkap;
3) Tersedia secara selektif;
4) Bias, dokumen dapat ditulis secara berlebihan, kadang-kadang tanpa fakta sehingga apabila dipakai sebagai acuan utama kurang mengena.
Untuk mengatasi kelemahan-kelemahan metode dokumentasi ini antara lain:
a. Perlu diadakan obsevasi terhadap apa yang telah dicatat (dari data yang telah diperoleh);
b. Perlu memperhatikan waktu pembuatan data dan relevansinya dengan kebutuhan peneliti.
Di dalam melaksanakan metode dokumentasi, penulis menyelidiki dan mencari data-data yang sifatnya dokumentor, seperti : denah lokasi Madrasah, data dan jumlah guru, daftar nama responden, siswa dan hal-hal lain yang mendukung pada kelengkapan data.
3. Metode Interview
Interview adalah suatu proses tanya jawab lisan, antara dua orang atau lebih berhadapan secara fisik, yang satu dapat melihat muka yang lain dan mendengar dengan telinga sendiri dari suaranya
Adapun data yang ingin diperoleh melalui metode ini adalah mengenai pelaksanaan metode lafzhiyah dalam pembelajaran terjemahan Al-Qur'an di Madrasah Diniyah At-Thâlibîn Ellak Daya Lenteng Sumenep.
Ketetapan menggunakan suatu metode dalam suatu informasi/data merupakan salah satu parameter keberhasilan penelitian. Berikut secara umum kelebihan dan kelemahan interview:
a. Kelebihan Metode Interview:
1) Merupakan metode yang terbaik untuk menilai keadaan pribadi;
2) Tidak dibatasi oleh tingkat umur dan tingkatan pendidikan subjek;
3) Dapat dipergunakan sebagai kriterium (alat verifikasi) terhadap data yang diperoleh dengan metode observasi dan kuesioner;
4) Dapat dilakukan bersama sambil mengadakan observasi;
5) Dalam reset sosial dapat dipakai sebagai metode pelengkap.
b. Kelemahan Metode Interview:
1) Tidak efisien, memboroskan waktu, tenaga dan biaya;
2) Tergantung kemampuan, kesediaan interview sehingga informasi tidak dapat diperoleh secara teliti;
3) Jalan dan isi interview sangat mudah dipengaruhi oleh keadaan;
4) Untuk masyarakat hiterogen memerlukan interviewer yang cukup banyak atau waktu lama;
5) Meminta interviewer yang betul-betul menguasai bahasa interviewee dan teknik komunikasi.
Sedangkan cara untuk mengatasi kelemahan metode interview ini adalah sebagai berikut:
a. Sebagai interviewer benar-benar menguasai hal-hal yang berkaitan atau kode etik dalam interview;
b. Interviewer dapat menggali informasi tambahan dengan menyampaikan pertanyaan yang netral.
4. Metode Angket
Angket disebut juga kuesioner atau self administrated quesioner adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengirimkan suatu daftar pertanyaan kepada responden untuk diisi.10
Sedangkan yang dimaksud dengan angket adalah teknik pengumpulan data melalui formulir-formulir yang berisi pertanyaan yang diajukan secara tertulis pada seseorang atau sekumpulan orang untuk mendapatkan jawaban atau tanggapan dan informasi yang diperlukan oleh peneliti.
Teknik ini penulis gunakan untuk mendapatkan data dari siswa mengenai pelaksanaan metode lafzhiyah dalam pembelajaran terjemahan Al-Qur'an di Madrasah Diniyah At-Thâlibîn Ellak Daya Lenteng Sumenep.
Metode ini sama halnya dengan metode-metode yang lain, yaitu mempunyai kelebihan dan kelemahan
a. Kelebihan Metode Angket:
1) Praktis, dalam waktu singkat dapat memperoleh data yang banyak, sekalipun tempatnya berjauhan;
2) Ekonomis, dari segi tenaga sedikit, sedikit tenaga yang diperlukan;
3) Responden dapat menjawab dengan terbuka atau leluasa, tidak terpengaruh oleh yang lain.
b. Kelemahan Metode Angket:
1) Jika ada pertanyaan yang kurang jelas tidak bisa mendapat keterangan lebih lanjut;
2) Pertanyaan dalam angket biasanya bersifat agak kaku tidak dapat dirubah sesuai dengan keadaan sekitarnya;
3) Sulit memberikan jaminan, bahwa semua angket yang telah dikeluarkan itu akan kembali seluruhnya.
Adapun cara untuk mengatasi kelemahan metode angket antara lain:
a. Memberikan pengarahan kepada responden dalam pengisian angket;
b. Melalui pengamatan kembali baik secara langsung atau tidak langsung terhadap kesesuaian hasil angket dengan kehidupan sehari-hari.
Metode pengumpulan data adalah suatu metode yang dugunakan untuk mengumpulkan data dan informasi dari responden yang dijadikan sasaran penelitian. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dari beberapa sumber. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Metode Observasi
Observasi adalah pengamatan dan pencatatan suatu objek dengan sistematika fenomina yang diselidiki.7
Metode observasi ini digunakan untuk memperoleh data tentang kondisi belajar mengajar dalam pembelajaran terjemahan Al-Qur'an dengan metode lafzhiyah di Madrasah Diniyah At-Thâlibîn Ellak Daya Lenteng Sumenep.
Harus disadari bahwa teknik observasi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan:
a. Kelebihan Metode Observasi :
1) Merupakan alat yang langsung untuk menyelidiki bermacam-macam gejala;
2) Untuk observer, teknik observasi lebih sedikit tuntutannya;
3) Memungkinkan pencatatan yang serempak dengan terjadinya suatu gejala;
4) Tidak tergantung kepada self- report;
5) Banyak kejadian-kejadian penting tidak dapat diperoleh dengan pengamatan langsung.
b. Kelemahan Metode Observasi:
1) Banyak kejadian-kejadian yang tidak dicapai dengan observasi langsung/observasi langsung tidak sesuai untuk penelitian kehidupan pribadi seseorang yang sangat rahasia;
2) Jika observer mengetahui dirinya diselidiki mungkin dengan sengaja menimbulkan kesan yang menyenangkan atau sebaliknya;
3) Timbulnya kejadian tidak selalu dapat diramalkan sehingga observer dapat hadir untuk mengobservasi kejadian itu;
4) Tugas observasi dapat terganggu pada sewaktu-waktu;
5) Terbatasi oleh lamanya waktu kejadian.
Untuk mengatasi kelemahan metode observasi dan agar pengamat dapat melakukan proses pengamatan secara efektif, diperlukan panduan yang mengarahkan kegiatan pengamatan yang berfungsi sebagai arahan dan panduan dalam mengamati objek pengamatannya, bisa dengan cara mencatat kejadian-kejadian pada waktu pengamatan.
2. Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapuh, leggers, agenda dan sebagainya.8
Adapun metode ini penulis gunakan untuk memperoleh data dan jumlah guru/karyawan, data sarana dan prasarana madrasah, struktur organisasi dan daftar nama responden.
Ada beberapa keuntungan dan kelemahan metode dokumentasi sebagai sumber data, yaitu:
a. Keuntungan Metode Dokumentasi:
1) Untuk subjek manusia yang sulit dihubungi dengan dokumen akan mempermudah;
2) Statis, tidak akan berpengaruh faktor luar;
3) Dalam hal peristiwa masa lalu dokumen akan sangat membantu dalam pengumpulan data;
4) Dokumen peristiwa penting akan tersimpan dan tidak banyak makan waktu dan biaya.
b. Kelemahan Metode Dokumentasi:
1) Format tidak kaku;
2) Seringkali data kurang lengkap;
3) Tersedia secara selektif;
4) Bias, dokumen dapat ditulis secara berlebihan, kadang-kadang tanpa fakta sehingga apabila dipakai sebagai acuan utama kurang mengena.
Untuk mengatasi kelemahan-kelemahan metode dokumentasi ini antara lain:
a. Perlu diadakan obsevasi terhadap apa yang telah dicatat (dari data yang telah diperoleh);
b. Perlu memperhatikan waktu pembuatan data dan relevansinya dengan kebutuhan peneliti.
Di dalam melaksanakan metode dokumentasi, penulis menyelidiki dan mencari data-data yang sifatnya dokumentor, seperti : denah lokasi Madrasah, data dan jumlah guru, daftar nama responden, siswa dan hal-hal lain yang mendukung pada kelengkapan data.
3. Metode Interview
Interview adalah suatu proses tanya jawab lisan, antara dua orang atau lebih berhadapan secara fisik, yang satu dapat melihat muka yang lain dan mendengar dengan telinga sendiri dari suaranya
Adapun data yang ingin diperoleh melalui metode ini adalah mengenai pelaksanaan metode lafzhiyah dalam pembelajaran terjemahan Al-Qur'an di Madrasah Diniyah At-Thâlibîn Ellak Daya Lenteng Sumenep.
Ketetapan menggunakan suatu metode dalam suatu informasi/data merupakan salah satu parameter keberhasilan penelitian. Berikut secara umum kelebihan dan kelemahan interview:
a. Kelebihan Metode Interview:
1) Merupakan metode yang terbaik untuk menilai keadaan pribadi;
2) Tidak dibatasi oleh tingkat umur dan tingkatan pendidikan subjek;
3) Dapat dipergunakan sebagai kriterium (alat verifikasi) terhadap data yang diperoleh dengan metode observasi dan kuesioner;
4) Dapat dilakukan bersama sambil mengadakan observasi;
5) Dalam reset sosial dapat dipakai sebagai metode pelengkap.
b. Kelemahan Metode Interview:
1) Tidak efisien, memboroskan waktu, tenaga dan biaya;
2) Tergantung kemampuan, kesediaan interview sehingga informasi tidak dapat diperoleh secara teliti;
3) Jalan dan isi interview sangat mudah dipengaruhi oleh keadaan;
4) Untuk masyarakat hiterogen memerlukan interviewer yang cukup banyak atau waktu lama;
5) Meminta interviewer yang betul-betul menguasai bahasa interviewee dan teknik komunikasi.
Sedangkan cara untuk mengatasi kelemahan metode interview ini adalah sebagai berikut:
a. Sebagai interviewer benar-benar menguasai hal-hal yang berkaitan atau kode etik dalam interview;
b. Interviewer dapat menggali informasi tambahan dengan menyampaikan pertanyaan yang netral.
4. Metode Angket
Angket disebut juga kuesioner atau self administrated quesioner adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengirimkan suatu daftar pertanyaan kepada responden untuk diisi.10
Sedangkan yang dimaksud dengan angket adalah teknik pengumpulan data melalui formulir-formulir yang berisi pertanyaan yang diajukan secara tertulis pada seseorang atau sekumpulan orang untuk mendapatkan jawaban atau tanggapan dan informasi yang diperlukan oleh peneliti.
Teknik ini penulis gunakan untuk mendapatkan data dari siswa mengenai pelaksanaan metode lafzhiyah dalam pembelajaran terjemahan Al-Qur'an di Madrasah Diniyah At-Thâlibîn Ellak Daya Lenteng Sumenep.
Metode ini sama halnya dengan metode-metode yang lain, yaitu mempunyai kelebihan dan kelemahan
a. Kelebihan Metode Angket:
1) Praktis, dalam waktu singkat dapat memperoleh data yang banyak, sekalipun tempatnya berjauhan;
2) Ekonomis, dari segi tenaga sedikit, sedikit tenaga yang diperlukan;
3) Responden dapat menjawab dengan terbuka atau leluasa, tidak terpengaruh oleh yang lain.
b. Kelemahan Metode Angket:
1) Jika ada pertanyaan yang kurang jelas tidak bisa mendapat keterangan lebih lanjut;
2) Pertanyaan dalam angket biasanya bersifat agak kaku tidak dapat dirubah sesuai dengan keadaan sekitarnya;
3) Sulit memberikan jaminan, bahwa semua angket yang telah dikeluarkan itu akan kembali seluruhnya.
Adapun cara untuk mengatasi kelemahan metode angket antara lain:
a. Memberikan pengarahan kepada responden dalam pengisian angket;
b. Melalui pengamatan kembali baik secara langsung atau tidak langsung terhadap kesesuaian hasil angket dengan kehidupan sehari-hari.