Contoh Pedoman Wawancara, Observasi dan Dokumentasi
PEDOMAN WAWANCARA
1. Bagaimanakah sejarah awal berdirinya pesantren Mamba’ul Hikam,kapan didirikan, dan siapa pendirinya?
2. Siapa sajakah pemimpin pesantren Mamba’ul Hikam sejak pertama kali didirikan sampai saat sekarang ini, serta bagaimanakah kemajuan yang telah dicapai?
3. Selain sebagai pemimpin pesantren, apa sajakah peran yang dijalankan oleh kyai?
4. Bagaimanakah sistem pendidikan dan pengajaran di pesantren Mamba’ul Hikam?
5. Bagaimanakah kurikulum pendidikan diu pesantren Mamba’ul Hikam, baik dipondok maupun madrasah?
6. Kapan waktunya pendidikan di pondok, baik dalam sistem sorogan maupun bandongan?
7. Pendidikan di madrasah kapan waktunya dan bagaimanakah metode pengajarannya?
8. Bagaimanakah evaluasi keberhasilan studi bagi para santri, baik dalam sistem pondok maupun sistem madrasah?
9. Selain kitab kuning, apakah para santri menerima pelajaran umum atau ketrampilan?
10. Bagaimanakah pendapat komunitas pesantren tentang modernisasi atau kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi?
11. Di manakah letak keunggulan sistem pendidikan pesantren tradisional di bandingkan sekolah umum lainnya?
12. Bagaimanakah seharusnya sikap pesantren tradisional dalam era modernisasi?
PEDOMAN OBSERVASI
1. Gambaran kondisi fisik pesantren Mamba’ul Hikam.
2. Interaksi antara santri dan kyai serta para ustadz dan pengurus pesantren.
3. Suasana kehidupan sehari-hari di pesantren.
4. Kegiatan pendidikan dan pengajaran di pesantren.
5. Kurikulum pendidikan dalam proses belajar mengajar di pesantren.
6. Sarana dan prasarana pendidikan di pesantren.
PEDOMAN DOKUMENTASI
1. Data tentang sejarah pesantren Mamba’ul Hikam.
2. Data tentang denah/lokasi pesantren Mamba’ul Hikam.
3. Data tentang jumlah santri dan guru (ustadz) di pesantren.
4. Data tentang struktur kepengurusan pesantren.
5. Data tentang sarana dan prasarana pendidikan di pesantren.
6. Data tentang kurikulum pendidikan di pesantren.
Semoga bermanfaat Contoh Pedoman Wawancara, Observasi dan Dokumentasi