Pengertian dan Macam macam Metode Tes

Pengertian dan Macam macam Metode Tes - Menurut Suharsimi Arikunto tes adalah “serentetan pertanyaan atau latihan serta alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan intelengensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok”. (Suharimi Arikunto, 2006 : 150)

       Sedangkan menurut Mukhtar Bukhari dalam bukunya “ Teknik- teknik Evaluasi “ mengatakan, tes adalah suatau percobaan yang diadakan untuk mengetahui ada tidaknya hasil-hasil pelajaran tertentu pada seorang peserta didik atau kelompok peserta didik. (Suharimi Arikunto, 2006 : 29)
       Bila ditinjau dari sasaran atau objek yang akan dievaluasi, tes dapat dibedakan sebagai berikut:
a.       Tes kepribadian (Personality test), yaitu tes yang digunakan untuk mengungkap kepribadian seseorang
b.      Tes Bakat (Aptitude test), yaitu tes yang digunakan untuk mengukur atau mengetahui bakat seseorang
c.       Tes Intelegensi (Intelegence test), yaitu tes yang digunakan untuk mengadakan estimasi atau perkiraan terhadap tingkat intelektual seseorang dengan cara memberikan berbagai tugas kepada orang yang akan diukur intelegensinya
d.      Tes Sikap (Attitude test), yaitu alat ayang digunakan untuk mengadakan pengukuran terhadap berbagai sikap seseorang
e.       Tes Minat (Measures Of Interest) yaiu alat yang digunakan untuk menggali minat seseorang terhadap sesuatu
f.       Tes Prestasi (Achievement test), yaitu tes yang digunakan untuk mengukur pencapaian seseorang setelah mempelajari sesuatu. (Suharimi Arikunto, 2006 : 150-151)
Kemudian ditinjau dari bentuknya tes dapat dibedakan menjadi:
a.       Tes tertulis meliputi:
1.      Objektif yang terdiri atas:
a.       Benar salah
b.      Pilihan ganda
c.       Menjodohkan
d.      Melengkapi
2.      Esei (Essay)/ Subjektif
3.      Kombinasi Keduanya

b.      Tes Lisan (Oral Test). (Suharimi Arikunto, 2006 : 161-165)
Metode tes dalam penelitan ini digunakan sebagai metode utama untuk mengumpulkan data dari variabel Y (tingkat pemahaman pada materi Fiqih). Bentuk tes yang dugunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif berbentuk multiple choice (pilihan ganda).