Tujuan Manajemen Pendidikan Secara Umum

Tujuan Manajemen Pendidikan Secara Umum
Tujuan manajemen pendidikan berkaitan erat dengan tujuan pendidikan secara umum, sebab manajemen pendidikan pada hakikatnya merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal.
Apabila dikaitkan dengan pengertian manajemen pendidikan, maka tujuan manajemen pendidikan adalah agar segala usaha kerja sama dengan mandayagunakan berbagai sumber dapat berjalan secara teratur untuk mencapai tujuan pendidikan.
Dalam menyusun manajemen pendidikan serta memilih model yang sesuai H.A.R. Tilaar mengisyaratkan adanya pemahaman yang cermat terhadap kehidupan bangsa dan Negara kita serta kejelian dalam mempelajari keberhasilan dan kegagalan kita mengelola pendidikan.
Tujuan pokok mempelajari manajemen pendidikan adalah untuk memperoleh cara, teknik, metode yang sebaik-baiknya dilakukan, sehingga sumber-sumber yang sangat terbatas bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, seperti tenaga, dana, fasilitas, personil, material maupun sepiritual guna mencapai tujuan pendidikan secara efisien dan efektif serta produktif.