Seperangkat Alat Pendidikan dan Problematikanya

Seperangkat Alat Pendidikan dan Problematikanya
Alat merupakan salah satu faktor penunjang dalam proses mengajar baik sarana fisik maupun sarana non fisik, perangkat keras maupun perangkat lunak.  Alat pendidikan dapat berupa tingkah laku, keteladanan, anjuran, perintah, larangan dan hukuman. Termasuk cara penyampaian atau metode yang digunakan. Sehubungan dengan masalah pendidikan dan pengajaran Al Qur’an Hadits yang berkaitan dengan ala-alat pendidikan, maka ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan,  yaitu :
a)      Harus sesuai dengan tujuan.
b)      Harus dapat membantu menumbuhkan tanggapan terhadap bahan pelajaran.
c)      Harus merangsang timbulnya minat siswa.
d)     Harus sesuai dengan kemampuan guru dan siswa.
e)      Harus sesuai dengan situasi dan kondisi.

Berpijak pada uraian di atas, maka di sini akan dikemukakan beberapa alat pendidikan yang sering ada permasalahan dalam pelaksanaan dan pengajaran Al Qur’an Hadits.
a)      Metode Pengajaran Al Qur’an Hadits
b)      Alat-alat pengajaran agama.
c)      Alat-alat yang berupa langkah-langkah yang diambil untuk proses       pengajaran. (Zuhairini, dkk, 1993: 37).

a.       Metode Pengajaran Al Qur’an Hadits.
Sering kali terjadi problem dalam pengajaran Al Qur’an Hadits dalam hal metode. Metode adalah cara yang berfungsi sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan. Untuk menetapkan apakah suatu metode dapat disebut baik, diperlukan patokan yang bersumber dari beberapa faktor. Faktor utama yang menentukan adalah tujuan yang akan dicapai.
Khususnya mengenai metode mengajar di dalam kelas, selain dari faktor tujuan, faktor murid yang berbagai tingkat kematangannya, situasi yang berbagai keadaannya, fasilitas yang berbagi kualitas dan kuantitasnya. Kepribadian guru serta kemampuan profesionalnya yang berbeda-beda. Dengan memiliki pengertian secara umum mengenai sifat berbagai metode, baik mengenai kelemahan-kelemahannya, seorang guru akan lebih mudah menetapkan metode manakah yang paling serasi untuk situasi dan kondisi pengajaran yang khusus. Dengan demikian seorang guru harus bisa mengantisipasi problem yang munkin timul dalam menyampaikan materi pelajaran.
Dalam pengajaran Al Qur’an Hadits, banyak metode yang dapat digunakan antara lain:
1)      Metode ceramah.
2)      Metode diskusi.
3)      Metode tanya jawab.
4)      Metode pemberian tugas.
5)      Metode latihan siap
6)      Metode demonstrasi dan eksperimen
7)      Metode pemberian tugas belajar
8)      Metode kerja kelompok
9)      Metode kerja kelompok. 
Dalam menggunakan metode tersebut harus dipertimbangkan serta disesuaikan dalam arti apakah metode yang paling baik dan paling tepat untuk kegiatan dalam situasi dan kondisi yang ada.
Jadi dalam memilih metode harus tahu dan memahami hal-hal sebagai berikut:
1)      Sifat dan jenis kegiatan.
2)      Apa yang melatarbelakangi kegiatan tersebut.
3)      Dengan tehnik pemecahan yang bagaimana kegiatan itu dapat diselesaikan.
4)      Fasilitas apa saja yang mungkin dipergunakan.
Dengan demikian akan dapat memilih metode yang tepat sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar berhasil dengan baik.
b.      Alat-alat pengajaran Al Qur’an Hadits
Dalam melaksanakan pengajaran Al Qur’an Hadits dibutuhkan alat-alat pengajaran. Alat-alat pengajaran tersebut dibagi dalam beberapa macam, yaitu :
1)      Alat pengajaran klasikal.
Alat pengajaran klasikal yakni alat-alat pengajaran yang digunakan oleh guru bersama-sama murid, sebagai contoh : papan tulis, kapur tulis, tempat sholat dan sebagainya.
2)      Alat pengajara individu.
Yakni alat pengajaran yang dimiliki oleh masing-masing guru dan murid, buku pegangan guru dan buku pegangan murid serta buku persiapan mengajar untuk guru.
3)      Alat peraga.
Yakni alat-alat yang berfungsi memperjelas atau memberikan gambaran yang kongkrit tentang hal-hal yang diajarkan, terdiri atas dua macam:
a)      Secara langsung.
Misalnya mengajarkan surat pendek.
b)      Alat peraga tidak langsung.
Berkaitan dengan perkembangan teknologi modern pada abad dua puluh ini mengakibatkan timbulnya alat-alat modern yang dapat dipergunakan dalam bidang pendidikan antara lain :
(1)   Visual Aids, yakni alat pendidikan yang dapat diserap melalui indra penglihatan, seperti gambar-gambar yang diproyeksikan, gambar-gambar didepan tulis dan sebagainya.
(2)   Audio Aids, yakni alat pendidikan yang diserap melalui indra pendengar, seperti radio, tape dan alat elektronik lainnya.
(3)   Audio Visual Aids, yakni alat pendidikan yang dapat diserap melalui mata dan telinga, seperti televisi, film dan sebainya.




 Zuhairini. Abdul Ghofir. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. UM PRES, 2004, hlm 74