Tujuan Supervisi Pendidikan
Tujuan
supervisi adalah memperkembangkan situasi belajar dan mengajar yang lebih baik.
Usaha perbaikan belajar dan mengajar di tujukan kepada pencapaian tujuan akhir
dari pendidikan yaitu pembentukan pribadi anak secara maksimal.
Pendapat
dari tokoh lain ada yang mengartikan bahwa tujuan supervisi pendidikan pada
hakekatnya adalah perbaikan atau peningkatan mutu pendidikan atau pengajaran
pada umumnya dan belajar mengajar pada khususnya.
Secara
nasional tujuan konkrit dari supervisi pendidikan adalah :
a.
Membantu guru melihat dengan jelas tujuan pendidikan
b.
Membantu guru dalam membimbing pengalaman belajar
murid.
c.
Membantu guru dalam menggunakan alat-alat pelajaran
modern.
d.
Membantu guru dalam menggunakan metode-metode dan
sumber-sumber pengalaman belajar.
a.
Membantu guru dalam menilai kemajuan murid-murid dan
hasil pekerjaan guru itu sendiri.
b.
Membantu guru-guru baru di sekolah sehingga mereka
merasa gembira dengan tugas yang diperolehnya.
Tugas
seorang supervisor atau kepala sekolah adalah menolong guru agar mampu melihat
persoalan yang dihadapi. Langkah berikutnya yang harus diambil supervisor
adalah menolong para guru agar dapat memecahkan problema yang mereka hadapi,
maka dapat disimpulkan bahwa tujuan sesungguhnya dari supervisi pendidikan
adalah menciptakan guru yang dapat berdiri sendiri, guru yang dapat atau mampu
mengarahkan diri sendiri.
Dalam penjabaran lain dijelaskan uraian tentang supervisi
pendidikan yaitu :
a.
Membantu guru agar lebih mengerti atau menyadari
tujuan-tujuan pendidikan disekolah dan fungsi sekolah dalam usaha mencapai
tujuan pendidikan.
b.
Membantu guru agar lebih menyadari dan mengerti
kebutuhan dan masalah-masalah yang dihadapi siswa.
c.
Untuk melaksanakan kepemimpinan yang efektif dengan
cara yang demokratif dalam rangka meningkatkan kegiatan-kegiatan yang
professional disekolah dan hubungan yang kooperatif antara staf untuk
bersama-sama meningkatkan kemampuan masing-masing.
a.
Menemukan kemampuan dan kelebihan tiap guru,
memanfaatkan dan mengembangkan dengan memberikan tugas dan tanggungjawab sesuai
dengan kemampuannya.
b.
Membantu guru meningkatkan kemampuan penampilannya
didepan kelas.
c.
Membantu guru dalam masa orientasinya supaya dapat dan
cepat menyesuaikan diri dengan tugasnya dan dapat mendayagunakan kemampuan
secara optimal.
d.
Membantu guru menemukan kesulitan belajar
murid-muridnya dan merencanakan tindakan perbaikan.
e.
Menghindari tuntutan-tuntutan terhadap guru diluar
batas atau tidak wajar, baik itu datangnya dari dalam maupun dari luar.11
Selain
itu kepala sekolah juga mempunyai tugas-tugas dan tanggungjawab lain dalam
peranannya sebagai supervisor, yaitu bertugas memberikan bimbingan, bantuan,
pengawasan dan penilaian pada masalah-masalah yang berhubungan dengan tehnik
penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan pengajaran berupa perbaikan program
dan kegiatan pendidikan pengajaran untuk dapat menciptakan situasi belajar
mengajar yang lebih baik. Jadi tugas ini menyangkut bidang perbaikan dan
pengembangan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum dalam arti luas (curriculum
improvement) atau perbaikan pengajaran (instructional improvement).
Dari penjelasan tentang tujuan supervisi diatas maka
kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa pengertian dari tujuan supervisi
adalah membantu dalam
menumbuhkan
professional guru, sehingga guru dapat melaksanakan proses belajar mengajar
secara efektif dan efisien.