Tujuan Supervisi Pendidikan

Tujuan Supervisi Pendidikan
Tujuan supervisi adalah memperkembangkan situasi belajar dan mengajar yang lebih baik. Usaha perbaikan belajar dan mengajar di tujukan kepada pencapaian tujuan akhir dari pendidikan yaitu pembentukan pribadi anak secara maksimal.

Pendapat dari tokoh lain ada yang mengartikan bahwa tujuan supervisi pendidikan pada hakekatnya adalah perbaikan atau peningkatan mutu pendidikan atau pengajaran pada umumnya dan belajar mengajar pada khususnya.
Secara nasional tujuan konkrit dari supervisi pendidikan adalah :
a.       Membantu guru melihat dengan jelas tujuan pendidikan
b.      Membantu guru dalam membimbing pengalaman belajar murid.
c.       Membantu guru dalam menggunakan alat-alat pelajaran modern.
d.      Membantu guru dalam menggunakan metode-metode dan sumber-sumber pengalaman belajar.

a.       Membantu guru dalam menilai kemajuan murid-murid dan hasil pekerjaan guru itu sendiri.
b.      Membantu guru-guru baru di sekolah sehingga mereka merasa gembira dengan tugas yang diperolehnya.
c.       Membantu guru agar waktu dan tenaganya tercurahkan sepenuhnya dalam pembinaan sekolah.10
Tugas seorang supervisor atau kepala sekolah adalah menolong guru agar mampu melihat persoalan yang dihadapi. Langkah berikutnya yang harus diambil supervisor adalah menolong para guru agar dapat memecahkan problema yang mereka hadapi, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan sesungguhnya dari supervisi pendidikan adalah menciptakan guru yang dapat berdiri sendiri, guru yang dapat atau mampu mengarahkan diri sendiri.
Dalam penjabaran lain dijelaskan uraian tentang supervisi pendidikan yaitu :
a.       Membantu guru agar lebih mengerti atau menyadari tujuan-tujuan pendidikan disekolah dan fungsi sekolah dalam usaha mencapai tujuan pendidikan.
b.      Membantu guru agar lebih menyadari dan mengerti kebutuhan dan masalah-masalah yang dihadapi siswa.
c.       Untuk melaksanakan kepemimpinan yang efektif dengan cara yang demokratif dalam rangka meningkatkan kegiatan-kegiatan yang professional disekolah dan hubungan yang kooperatif antara staf untuk bersama-sama meningkatkan kemampuan masing-masing.
a.       Menemukan kemampuan dan kelebihan tiap guru, memanfaatkan dan mengembangkan dengan memberikan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan kemampuannya.
b.      Membantu guru meningkatkan kemampuan penampilannya didepan kelas.
c.       Membantu guru dalam masa orientasinya supaya dapat dan cepat menyesuaikan diri dengan tugasnya dan dapat mendayagunakan kemampuan secara optimal.
d.      Membantu guru menemukan kesulitan belajar murid-muridnya dan merencanakan tindakan perbaikan.
e.       Menghindari tuntutan-tuntutan terhadap guru diluar batas atau tidak wajar, baik itu datangnya dari dalam maupun dari luar.11
Selain itu kepala sekolah juga mempunyai tugas-tugas dan tanggungjawab lain dalam peranannya sebagai supervisor, yaitu bertugas memberikan bimbingan, bantuan, pengawasan dan penilaian pada masalah-masalah yang berhubungan dengan tehnik penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan pengajaran berupa perbaikan program dan kegiatan pendidikan pengajaran untuk dapat menciptakan situasi belajar mengajar yang lebih baik. Jadi tugas ini menyangkut bidang perbaikan dan pengembangan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum dalam arti luas (curriculum improvement) atau perbaikan pengajaran (instructional improvement).
Dari penjelasan tentang tujuan supervisi diatas maka kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa pengertian dari tujuan supervisi adalah membantu dalam
menumbuhkan professional guru, sehingga guru dapat melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.