Prinsip-prinsip Supervisi Pendidikan
Seorang supervisor dalam melaksanakan tugasnya tidak
sedikit masalah yang dihadapi, oleh karena itu dalam usaha memecahkan masalah
yang dihadapihendaknya
berpegang teguh pada prinsip-prinsip supervisi, seperti yang dikutip oleh
Hendiyat Soetopo dari Piet A. sahertian dan Frans Mataheru, yaitu sebagai
berikut :
a.
Ilmiah, yang mencakup unsur-unsur :
1.
Sitematika artinya dilaksanakan secara teratur,
berencana dan kontinyu.
2.
Obyektif artinya data yang didapat pada observasi yang
nyata bukan tafsiran pribadi
3.
Menggunakan alat atau instrument yang dapat memberi informasi
sebagai umpan balik untuk mengadakan penilaian terhadap proses belajar
mengajar.
a.
Demokratis, yaitu menjunjung tinggi azas musyawarah,
memiliki jiwa kekeluargaan yang kuat serta sanggup menerima pendapat orang
lain.
b.
Kooperatif, seluruh staf dapat bekerja sama,
mengembangkan usaha bersama dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang
lebih baik.
c.
Konstruktif dan kreatif yaitu membina inisiatif guru
serta mendorongnya untuk aktif menciptakan suasana dimana tiap orang merasa
aman dan dapat menggunakan potensinya.
Sedangkan menurut Oteng Sutisna dalam bukunya
Administrasi Pendidikan dasar teoritis untuk praktek professional, menyebutkan
beberapa prinsip tentang supervisi modern, yaitu :
a.
Supervisi merupakan bagian integrasi dari program
pendidikan.
b.
Semua guru berhak atas bantuan supervisi.
a.
Supervisi seharusnya membantu menjelaskan tujuan-tujuan
dan sasaran-sasaran pendidikan, dan hendaknya menerangkan implikasi-implikasi
dari tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran tersebut.
b.
Supervisi hendaknya menyediakan kebutuhan perorangan
dari personil kelompok.
c.
Supervisi hendaknya membantu memperbaiki sikap dan
hubungan dari semua staf sekolah, dan membantu dalam mengembangkan hubungan
sekolah dengan masyarakat lainnya.
d.
Tanggungjawab bagi pengembangan program supervisi
berada pada kepala sekolah dan para penilik / pengawas sekolah yang berada
diwilayahnya.
e.
Harus ada dana yang memadai bagi program kegiatan
supervisi anggaran tahunan.
f.
Efektifitas program supervisi hendaknya dinilai secara
periodik oleh peserta.
Supervisi hendaknya membantu menjelaskan dan
menerapkan dalam praktek penemuan, penelitian pendidikan yang mutakhir.