Kompetensi Guru dalam Pengajaran

Kompetensi Guru dalam Pengajaran
Mengajar adalah merupakan pekerjaan profesional yang tidak pernah lepas dari adanya berbagai macam problema, apalagi bila pekerjaan tersebut dilakukan di lingkungan masyarakat yang dinamis.oleh karena itu diperlukan adanya profil guru yang berkualitas.

Dalam bukunya Education and teacher, B.J Chandler menegaskan devinisi profesi mengajar sebagai berikut :
“Profesi mengajar adalah suatu jabatan yang mempunyai kekhususan bahwa profesi itu memerlukan kelengkapan mengajar atau ketrampilan atau kedua-dunya yang menggambarkan bahwa seseorang itu dalam hal melaksanakan tugasnya”.

            Guru yang berkualitas adalah guru yang memiliki ketrampilan, kreatifitas dan aktif dalam kegiatan proses belajar mengajar serta mempu mengarahkan perkembangan anak didiknya untuk menjadi anggota masyarakat sebagai manusia dewasa yang berguna.
Guru yang berkualitas adalah guru yang mampu berperan dalam proses belajar mengajar. Kualitas seorang guru sangat diperlukan dalam pendidikan, karena guru adalah orang yang bertanggungjawab dalam mencerdaskan kehidupan anak didik dan bertanggungjawab dalam memberikan pendidikan, pengajaran, bimbingan dan tauladan yang baik kepada anak didiknya.
Guru yang berkualitas adalah guru yang bertangungjawab untuk melaksanakan tugasnya dalam proses belajar mengajar, bersikap dan berkepribadian yang baik (dapat dijadikan tauladan) dan memiliki kemampuan dalam berkomunikasi sosial baik dengan birokrasi pendidikan, siswa maupun masyarakat.
Dari beberapa pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa guru yang berkualitas adalah guru yang dapat melaksanakan tugas profesinya dengan baik dan memiliki tiga kompetensi dasar yaitu :
a.       Kompetensi Professional yang meliputi :
Menguasai bahan materi pelajaran
1.      Mengelola program belajar mengajar
2.      Mengelola kelas
3.      Menguasai landasan-landasan pendidikan
4.      Mengelola instruksi belajar mengajar
5.      Menggunakan media dan sumber belajar
6.      Menilai prestasi siswa dalam pendidikan dan pengajaran
7.      Mengenal fungsi dan program pelayanan bimbingan dan penyuluhan
8.      Mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah
9.      Menguasai prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran.
a.      Kompetensi Sosial
Tugas guru tidak lepas dari tugas sosial karena itu guru harus menguasai bagaimana hubungan dengan orang lain dengan sebaik-baiknya hubungan itu antara lain :
1.      Hubungan guru dengan murid
2.      Hubungan guru dengan orang tua murid
3.      Hubungan guru dengan teman sejawat
4.      Hubungan guru dengan atasannya
5.      Hubungan guru staf sekolah
6.      Hubungan guru dengan masyarakat
a.      Kompetensi Personal
Yaitu memiliki kualitas kemampuan pribadi untuk mempengaruhi anggota dan masyarakat sekitarnya. Salah satu dari kualitas kemampuan pribadi itu agar sikap pemimpin itu tetap konsekuen dan konsisten dalam menghayati dan mengamalkan pancasila itu adalah kemampuan memberi tauladan. Kemampuan memberi teladan yang dimaksud adalah :
1.      Ing ngarso sung tulodho (dimuka hendaknya mampu memberi teladan)
2.      Ing madyo mangun karso (ditengah mampu membangkitkan agar orang-orang yang dipimpinnya berswakarya dan mencipta sesuatu yang bermanfaat)
3.      Tut wuri handayani (dibelakang mampu memberi dorongan atau motivasi kepada anak buahnya bertanggungjawab).
Tugas seorang guru adalah tugas yang sangat berat, tidak hanya di sekolah saja dimanapun mereka berada harus menampakan sifat jujur, adil, dedikatif, tekun dan disiplin serta menjunjung tinggi citra dan kode etik guru.
Guru yang berkualitas adalah guru yang benar-benar mampu memahami dan menguasai seluk-beluk pendidikan dan pengajaran, yakni seluruh komponen yang berkaitan dengan pelaksanaan proses belajar mengajar.